Peluang Bisnis Menjanjikan Yang Berkaitan Dengan Hewan Peliharaan

By | April 24, 2020

Sejatinya manusia tidak bisa lepas dari ketergantungan akan makhluk lain, salah satunya adalah hewan. Sejak dahulu kala, manusia memang membutuhkan yang namanya hewan agar bisa bertahan hidup. Mungkin dulu manusia memilih untuk berburu hewan liar untuk mereka konsumsi. Semakin lama, manusia merasa jika kegiatan berburu terlalu melelahkan untuk mereka, terlebih mereka juga sudah memilih menetap dan tidak tinggal secara nomaden.

Oleh karena itu, manusia mulai berpikir untuk bisa memanfaatkan hewan namun tidak perlu berburu terus. Akhirnya, mereka melakukan domestifikasi yaitu penjinakan hewan liar. Nantinya, hewan tersebut bisa mereka manfaatkan mulai dari tenaganya, daging, kulit, dan produk lainnya. Hewan tersebut mereka rawat dan kembangbiakkan secara baik. Praktik seperti itulah yang mungkin kita lihat sekarang sebagai kegiatan memelihara hewan. Tentunya sekarang hewan peliharaan tidak hanya dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi, tapi juga sebagai suatu bisnis.

Peluang Bisnis Di Dunia Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hobi memelihara hewan, mungkin tidak ada salahnya mencoba untuk berbisnis di dunia hewan peliharaan. Ada beberapa jenis bisnis menarik yang menggiurkan dan mungkin bisa Anda coba seperti berikut ini:

  1. Jasa penitipan hewan

Memelihara hewan memang terkadang sangat mengasyikkan, akan tetapi ada beberapa hal yang terkadang membuat sulit pemiliknya. Salah satunya adalah saat sang pemilik pergi. Saat pemilik hewan harus pergi bekerja atau ada urusan lain, tentu hewan peliharaan harus ditinggal karena bisa jadi merepotkan. Akan tetapi, selama pemiliknya pergi, tentu tidak ada yang akan merawat atau mengawasi tingkah lakunya. Oleh karena itu, biasanya ada toko penitipan hewan di mana nantinya hewan akan dijaga dengan sebaik mungkin selama pemiliknya pergi. Selama dititipkan, hewan jelas akan diawasi dan juga diasuh dengan baik.

  1. Jasa pelatihan

Hewan peliharaan seperti anjing atau kucing mungkin sering kali bergerak dengan semau mereka dan kadang hal ini merepotkan para pemiliknya. Oleh karena itu, biasanya hewan tersebut harus dilatih agar bisa bergerak dengan lebih teratur. Akan tetapi, biasanya para pemilik tidak tahu bagaimana cara melatih hewan dengan baik dan benar. Jasa pelatihan hewan sendiri jelas bisa jadi solusi terbaik untuk menangani masalah seperti itu.

  1. Jasa perawatan hewan

Hewan tentunya juga butuh yang namanya perawatan. Tentunya kita tidak mau jika hewan peliharaan kita kotor ataupun tidak terawat. Selain tidak terlihat bagus, hewan yang kotor juga rawan terkena penyakit. Bagi pemilik hewan yang mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan hewan sendiri, biasanya mereka akan mengandalkan jasa perawatan hewan. Nantinya hewan yang dibawa ke sana akan menjalani beragam perawatan, mulai dari dimandikan dengan bersih, mengeringkan dan merapikan bulunya, memotong kuku yang panjang, serta perawatan lainnya. Bisnis perawatan hewan sendiri terbilang sangat menjanjikan untuk dicoba.

  1. Jual kandang hewan

Yang namanya hewan jelas membutuhkan kandang sebagai tempat tinggalnya. Tentunya membuka bisnis jual kandang hewan jadi satu bisnis yang menguntungkan karena memang semua hewan peliharaan butuh yang namanya kandang. Usahakan untuk menjual kandang dengan beragam varian dan juga berkualitas bagus. Dengan begitu, orang-orang juga akan tertarik untuk membeli kandang di tempat Anda.

  1. Jual makanan

Sebagai makhluk hidup, tentunya hewan peliharaan juga butuh yang namanya makanan. Untuk hewan peliharaan sendiri dibutuhkan makanan khusus yang memang bersih dan juga terjaga nutrisinya. Tujuannya agar hewan tetap sehat dan juga tumbuh dengan baik. Jika Anda tertarik untuk berbisnis makanan binatang, mungkin ini adalah bisnis yang tepat karena memang pasti sangat dibutuhkan.

Jenis Hewan Peliharaan Yang Sering Dijual

Anda sendiri ternyata juga bisa berbisnis dengan berjualan hewan peliharaan. Tentunya dengan memelihara hewan yang terawat, hewan tersebut bisa dijual dengan harga yang tinggi. Berikut adalah beberapa jenis hewan yang mungkin bisa Anda coba jual.

  1. Burung

Anda yang mungkin sering pergi ke pasar, pasti pernah melihat bagian pasar di mana ada yang menjual burung. Burung memang sering dipelihara dan juga diperjualbelikan. Biasanya, burung yang dijual ini memiliki kualitas yang bagus untuk dipertandingkan, seperti suara siulannya, bentuk badan dan juga bulunya. Beberapa jenis burung yang sering dijual antara lain burung kenari, lovebird, merpati, kacer, dan masih banyak lagi.

  1. Ikan hias

Ikan hias juga menjadi salah satu hewan yang mengisi satu sudut di bagian pasar. Memang ikan hias sendiri juga memiliki prospek bisnis yang bagus karena pasarnya yang cukup luas. Jika memiliki ikan dengan kualitas yang bagus, bisa jadi harganya bisa sangat mahal. Hewan yang sering dijual antara lain ikan cupang, lohan, arwana, dan lainnya.

  1. Kelinci

Hewan pengerat yang satu ini mungkin juga jadi hewan yang sering diperjualbelikan. Bulunya yang lembut dan bentuknya yang lucu jelas menjadikan hewan yang satu ini sering dibeli untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tentunya ada banyak sekali jenis kelinci, dan semakin langka jenisnya, tentu harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi.

Itulah tadi beberapa jenis bisnis yang bisa dijalani terkait dengan hewan peliharaan. Kira-kira bisnis mana yang menarik perhatian Anda?

Share Button